in ,

Tips Pencegahan Corona Pada Anak, Jangan Biarkan Mereka Menyentuh Wajah

Tips Pencegahan Corona Pada Anak

Mypoly.id – Para ahli mengatakan, dengan tidak menyentuh wajah akan membantu mencegah penyebaran virus Corona. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang suka memengang, menggaruk, dan menggosok wajahnya? Bagaimana cara membuat si kecil berhenti melakukannya?

Mungkin bunda akan menegur si kecil dengan kalimat “Jangan memasukan jari ke hidung”, frasa yang umum digunakan di oleh bunda-bunda di seluruh dunia.

Bayi dan anak prasekolah dengan mudah akan menurutinya, atah bahkan mungkin malah kebalikannya, mereka malah bermain-main dengan jarinya.

Jari yang kotor tak hanya mempermudah virus Corona masuk kedalam tubuh. Yup, benar bund, tak hanya virus Corona, bisa jadi virus-virus lain yang juga berbahaya bagi tubuh si kecil.

Sejak virus Corona, atau yang secara resmi disebut SARS-CoV-2, penyebab penyakit yang disebut dengan COVID-19, menyebar melalui sentuhan, tetesan batuk atau bersin, menjadikan kita sebagai orang tua harus sadar akan kebersihan dasar untuk si kecil.

Penularan bisa sangat mudah terjadi, ibaratkan saat penderita memegang gagang pintu dan kemudian si kecil memegang gagang pintu yang sama di waktu yang relatif singkat.

Mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer adalah langkah awal terbaik untuk mencegah penyebaran virus ini. Para ahli juga merekomendasikan agar anak tidak menyentuh wajah.

Dikutip dari Parents.com, dokter anak dari Atlanta, Jennifer Shu, mengatakan “Salah satu cara untuk menghindari kuman adalah dengan mencegah mereka memasuki mata, mulut, atau hidung. Jadikan tangan anak-anak sibuk sehingga mereka tidak tergoda untuk menyentuh wajah mereka.”

Tapi seperti kita ketahui, hal sesederhana “tidak menyentuh wajah” akan sulit dilakukan si kecil. Mengingat anak masih suka bermain dan tangannya masih sulit dikontrol, terlebih lagi saat wajah mereka terasa gatal.

Berikut ini beberapa ide untuk mencegah anak memegang wajah mereka, dikutip dari Parents.com

Tips Pencegahan Corona Pada Anak

Selalu sediakan tisu untuk anak

Memberi anak-anak tisu untuk menutup hidung saat bersin atau untuk menutupi tangan mereka saat menggaruk kulit adalah cara yang bagus untuk menghindari kontak kulit dan menghindari perpindahan bakteri dari jari ke wajah.

Sering mencuci atau membersihkan tangan jika mereka menyentuh wajah, setidaknya tangan mereka bersih,” kata Jennifer Shu.

Buat tangan si kecil sibuk

Cara membuat tangan si kecil sibuk salah satunya adalah dengan memberi mereka mainan edukasi yang bisa membuat mereka lupa dan tidak sering-sering memegang wajah.

Perlu di ingat, bunda harus terus mengawasinya agar anak tidak memasukan mainannya kedalam mulut.

Jauhkan rambut dari wajah mereka

Rambut yang menjulur ke wajah bisa menyebabkan rasa geli pada wajah anak. Ini akan membuat anak memegang wajah untuk menyingkirkan rambut.

Rapikan rambut anak dan pastikan tidak ada rambut yang menjulur ke wajah mereka.

Jauhkan anak dari orang yang terinfeksi

Kita harus mengedukasi anak dan mengajarkannya untuk selalu menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi, setidaknya enam kaki dari penderita COVID-19. Jika anak bertanya tentang Corona, kita harus menjelaskannya tanpa membuatnya takut atau panik.

Apalagi saat orang tersebut bersin atau batuk, ini akan membantu mereka aman dari virus, tak hanya Corona, tetapi juga Influenza.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mencegah anak tertular virus Corona.

Bunda harus selalu memperhatikan kesehatan anak, mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer adalah langkah awal terbaik untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh dan menjaga si kecil tetap sehat.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

14 Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan dan Cara Mencegahnya

Mencegah Kontamiasi Pada ASI

Mencegah Kontaminasi ASI Saat di Pompa