in

Tips Ampuh Agar Bunda Cepat Hamil

Siklus Menstruasi

Mypoly.id – Bagi beberapa orang, hamil mungkin hal yang mudah. Namun faktanya, tak semudah itu lho. Sebagian bunda mengalami susah hamil meskipun sudah berusaha.

Buat bunda yang sedang dalam program kehamilan, atau berencana menambah buah hati. Berikut ini beberapa tips yang dikutip dari Popmama, untuk membantu memaksimalkan peluang kehamilan.

Tips ampuh agar cepat hamil

Berhenti menggunakan alat kontrasepsi

Alat Kontrasepsi

Sudah pasti kalau mau hamil harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi ya bund.

Dikutip dari American College of Obstetricians and Gynecologists, meskipun berhenti mengkonsumsi pil KB, perlu waktu setidaknya satu bulan agar efeknya hilang.

Beberapa dokter menyarankan agar menunggu setidaknya satu bulan atau lebih, lalu kembali periksa ke dokter kandungan.

Sementara itu, dari laman Parenting, produsen Norplant mengatakan bahwa stik kontrasepsi akan luntur setidaknya tiga hari setelah diambil.

Produsen Depo-Provera mengklaim dibutuhkan setidaknya 12 mmunggu untuk Progestin (hormon kontrasepsi) sampai benar-benar hilang dari tubuh.

Jika menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, penutup serviks atau diafragma, yang harus dilakukan hanya berhenti menggunakannya.

Konsultasi dengan dokter

Berkonsultasi dengan dokter

Beberapa gangguan kesehatan seperti tekanan darah, berat badan berlebih, diabetes dan beberapa gangguan kesehatan lainnya juga menjadi mengurangi kemampuan untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat lho bund.

Sebaiknya bunda rutin berkonsultasi dengan dokter jika mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Pastikan gangguan kesehatan yang bunda alami tidak memperngaruhi kemampuan untuk hamil.

Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat tidak hanya dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi, tetapi juga dikonsumsi pada waktu dan porsi yang tepat.

Saat kita kecil, kita dikenalkan dengan konsep makanan sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan minim lemak.

Jika bunda diet, sebaiknya jangan tunda waktu makan hanya karena takut gemuk. Tetapi makanlah sesuai porsi dengan asupan nutrisi yang mencukupi.

Mengkonsumsi asam folat

Konsumsi asam folat
Food rich in folic acid, top view

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang sangat berguna untuk mengurangi risiko cacat lahir yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Keadaan cacat ini terjadi pada janin bahkan sebelum bunda tahu kalau bunda hamil.

Untuk itu, FDA menyarankan semua perempuan dalam usia subur harus mengkonsumsi suplemen asam folat.

Berhenti merokok, minum minuman beralkohol dan obat-obatan

Berhenti merokok

Banyak yang sudah menjelaskan efek nikotin, obat-obatan dan alkohol pada janin.

Zat ini bisa mempengaruhi kesuburan pria, menyebabkan kromosom rusak, dan menurunkan mortilitas atau kemampuan berenang sperma, dan disfungsi ereksi.

Ketahui siklus haid dengan baik

Siklus haid

Masa subur terbaik adalah hari keempat belas setelah menstruasi. Namun faktanya, ovulasi bisa terjadi pada hari keempat belas sebelum menstruasi dimulai.

Jika siklus haid 28 hari, maka hari ke-14 yang dihitung dari hari pertama setelah menstruasi terakhir, adalah masa paling subur untuk bunda.

Akan tetapi jika siklus menstruasi 40 hari, maka hari ke-16 adalah yang paling subur, sementara jika masa menstruasi 32 hari, maka hari ke-18 lah masa suburnya.

Pelajari suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh

Menurut penulis Pengambilan Fertilitas Toni Weschler, termometer basal sangat membantu bunda untuk mengetahui kapan masa paling subur bunda.

Bunda harus mempelajari dan memperhatikan suhu basal tubuh ini agar mendapatkan masa paling tepat untuk cepat hamil.

Perhatikan bercak darah atau lendir yang keluar dari vagina

Perhatikan lendir yang keluar

Saat terjadi ovulasi, tubuh akan menghasilkan substansi licin dan tipis yang dinamakan lendir serviks untuk membantu melancarkan perjalanan sperma.

Menurut Weschler, jika bunda memperhatikan dan memeriksanya setiap hari, bunda akan melihat lendir transparan dan lentur. Bentuknya seperti putih telur dan berwarna sedikit kemerahan.

Sang suami sebaiknya menggunakan celana longgar

Celana longgar pria

Menurut Schover dan Thomas, jumlah sperma bisa menurun secara drastis ketika testis terlalu hangat.

Sebaiknya bunda beritahu suamu untuk tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, menghindari mandi di bak panas, sauna, dan terlalu sering berlari.

Lakukan seks dengan posisi terbaik

Posisi seks

Posisi sekss juga sangat mempengaruhi lho. Lalu posisi apa yang paling baik? Posisi yang paling membantu mempercepat kehamilan adalah Misionaris.

Pada posisi ini gravitasi membantu mengarahkan sperma kedalam rahim dengan mudah.

Pria di atas, doggy style, posisi bersebelahan itu adalah pilihan, kata Christopher D. Williams, MD, penulis The Fastest Way to Get Pregnant Naturally (Hyperion, 2001).

Sebaiknya hindari posisi seperti women on top, posisi berdiri, atau posisi miring yang bisa menghalangi aliran sperma menuju rahim.

Itulah 10 tips ampuh agar bunda cepat hamil. Tak hanya untuk bunda, suami juga harus melakukan tugasnya dengan baik.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Waspada Penularan Flu Perut Pada Anak

Darah di dalam ASI

Ada Darah di Dalam ASI, Aman Untuk Bayi?