in ,

Tanda Anak Alergi Susu Formula Dan Intoleransi Laktosa

Bunda harus tahu dan bisa membedakan saat anak alergi susu dan Intoleransi Laktosa

Mypoly.id – Setiap bunda pasti mau si kecil mendapatkan ASI eksklusif ya bund, karena banyak banget manfaat yang di dapat dari ASI eksklusif. Namun sayangnya, tidak semua bunda bisa memberikan ASI eksklusif untuk si kecil yang abru lahir.

Banyak kendala yang membuat si kecil tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif. Sehingga bunda harus memberikan susu formula sebagai alternatif agar nutrisi anak tetap terpenuhi dengan baik.

Memberikan susu formula pada anak pun tidak sesederhana yang dibayangkan. Terkadang si kecil malah tidak cocok dengan susu formula. Ada 2 hal yang bisa menyebabkan anak alergi susu formula, yaitu alergi susu dan intoleransi laktosa, berikut penjelasannya.

Perbedaan Alergi Dan Intoleransi Laktosa

Saat si kecil mengalami gangguan setelah mengkonsumsi susu formula, banyak bunda langsung beranggapan si kecil tidak cocok dan alergi pada susu formula.

Padahal tidak semua reaksi ini merupakan alergi lho bund, bisa juga karena intoleranssi laktosa.

Intoleransi laktosa terjadi karena si kecil kesulitan mencerna laktosa yang merupakan gula alami yang ada pada susu. ASI pun juga mengandung laktosa lho bund. Akibatnya, laktosa tidak dicerna secara sempurna dan tetap berada di dalam usus bayi, inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Sedangkan alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap suatu protein yang ada di dalam susu formula.

Dlancir dari situs Babycenter, hjika sikecil terkena alergi, biasanya lewat 18 bulan alergi akan hilang dengan sendirinya. Namun selama 18 bulan ini bunda harus rutin berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan susu formula yang cocok untuk si kecil.

Ciri Anak Alergi Susu Formula

Saat anak mengalami alergi susu formula, biasanya akan muncul beberapa gangguan kesehatan sebagai berikut ini

Munculnya Ruam Pada Kulit

Jika kulit si kecil tiba-tiba memerah dan gatal, atau ada pembengkakan pada area sekitar bibir, wajah, dan mata setelah mengkonsumsi susu formula, besar kemungkinan ini merupakan reaksi alergi. Gejala yang pertama ini muncul beberapa menit atau jam setelah mengkonsumsi susu formula.

Adanya Masalah Pencernaan

Si kecil biasanya akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti diare, muntah, sakit perut, dan BAB berdarah. Reaksi ini biasanya terjadi 1 hingga 2 hari setelah mengkonsumsi susu formula.

Gangguan Pernapasan

Selain itu, si kecil juga bisa mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti pilek, batuk, sesak napas, napas berbunyi, dan bahkan hingga kesulitan bernapas.

Cara Mengatasi Alergi Susu Formula

Setelah mengetahui gejala-gejala alergi susu formula diatas, bunda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi alergi susu formula.

Konsultasi Dengan Dokter

Bunda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter untuk berdikusi susu mana yang baik untuk si kecil. Terkadang dokter akan menyarankan untuk menggantinya dengan susu kedelai. Bunda harus mencobanya terlebih dahulu, karena terkadang anak tak hanya alergi susu sapi, tetapi bisa juga alergi susu kedelai.

Beralih Ke Susu Kedelai Atau Susu Dengan Formula Hypoallergenic

Bunda bisa mencoba beralih ke susu kedelai atau susu dengan formula hypoallergenic. Susu dengan formula ini mengandung asam amino khusus yang bisa memecah protein susu sapi sehingga mudah terserap.

Gejala Dan Cara Mengatasi Intoleransi Laktosa

Anak yang mengalami intoleransi laktosa memang sulit dibedakan dengan anak yang mengalami alergi susu formula. Gejala umum anak yang mengalami intoleransi laktosa sebagai berikut.

  • Diare
  • Muntah
  • Kram atau nyeri pada perut
  • Kembung

Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan khusus. Pasalnya, beberapa anak yang mengalami intoleransi laktosa juga bisa terjadi anak yang mengkonsumsi ASI, terlebih jika anak mengkonsumsi ASI dan susu formula bersamaan, tentu akan sulit membedakannya.

Berikut cara mengatasi intoleransi laktosa

  • Berkonsultasi pada dokter, agar mendapatkan produk susu terbaik untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa.
  • Hindari semua produk yang mengandung susu, termasuk bahan olahannya, dan bahan yang mengandung laktosa.
  • Jika sikecil sudah bisa makan, perhatikan asupan gizinya. Perbanyak makanan yang mengandung kalsium agar si kecil tidak kekurangan kalsium yang biasanya banyak terkandung dalam susu.

Itulah beberapa Tanda anak alergi susu formula dan intoleransi laktosa, serta apa saja yang harus bunda lakukan untuk mengatasinya.

Sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi si kecil ya bund, jika si kecil mengalami alergi atau intoleransi laktosa, pastikan bunda langsung melakukan penanganan agar asupan gizi si kecil tetap tercukupi.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Mengatasi diare pada balita

Cara Ampuh Mengatasi dan Mengobati Diare pada Balita