in , ,

Segudang Manfaat Ikan Lele Untuk MPASI

Mypoly.id – MPASI pada bayi sudah bisa diberikan sejai si kecil berusia 6 bulan. Tak jarang momen pertama si kecil dalam mengkonsumsi makanan membuat mom khawatir dalam meberinya asupan gizi.

Ada banyak sekali menu yang bisa bunda coba untuk jadi menu MPASI pertama si kecil. Salah satu yang bisa bunda gunakan adalah ikan lele.

Bunda bisa mencampurkan ikan lele kedalam bubur atau mengolahnya menjadi abon.

Ikan lele memiliki banyak manfaat untuk perkembangan si kecil lho bund. Apa aja sih manfaat lele untuk MPASI si kecil? Berikut ini beberapa manfaat ikan lele untuk MPASI.

Manfaat Ikan Lele Untuk MPASI Bayi

Ikan lele banyak dijumpai di pasar-pasar lokal maupun mini market terdekat. Ikan yang banyak diternak di Indonesia ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Lalu apa saja sih manfaat ikan lele untuk si kecil?

Rendah Merkuri

Karena diternam di air tawar, ikan lele dipercaya memiliki kadar merkuri yang lebih rendah dari air laut.

Organisasi Environmental Working Group yang berasal dari Amerika Serikat juga melakukan penelitian lho bund, organisasi ini menyatakan ikan lele aman dikonsumsi untuk siapa saja, bahkan anak kecil sekalipun.

Sumper Protein Yang Tinggi

Menurut beberapa penelitian, sumber protein yang terdapat pada ikan lele sangat bagus untuk perkembangan sel otak anak dan menjaga imunitasnya.

Kandungan protein yang ada pada ikan lele antaranya asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin.

Memiliki Omega 3 Yang Tinggi

Seperti halnya ikan tuna dan salmon, ikan lele juga memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang cukup tinggi.

Omega 3 ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak anak, selain itu omega 3 juga bermanfaat untuk pertumbuhan fungsi saraf dan penglihatan si kecil. Metabolisme dan perkembangan sel dalam tubuh si ekcil pun akan terjaga.

Kaya Akan Vitamin

Ikan lele memiliki kandungan vitamin D yang cukup baik, hal ini sangat bermanfaat untuk penyerapan kalsium. Sehingga pertumbuhan tulang si kecil bisa optimal.

Selain itu vitamin B12 yang ada pada ikan lele bisa mengoptimalkan produksi sel darah merah pada anak.

Nah itulah beberapa manfaat ikan lele untuk pertumbuhan si kecil. So, jangan ragu bund untuk memasukkan masakan ikan lele kedalam menu MPASI si kecil.

Bunda bisa memadukannya dengan bubur, atau menu lain seperti Mangut Lele Bayam atau olahan masakan lain yang disukai si kecil.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Tanda Dan Gejala Kekurangan Vitamin Pada Anak

Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi