in

Obat Tradisional Penurun Demam Anak Yang Alami

Obat Tradisional

Mypoly.id – Sebagai seorang ibu pasti bunda akan langsung cemas jika si kecil mengalami demam. Saat suhu tubuh anak tiba-tiba naik, pasti bunda khawatir dan panik. Padahal tidak semua demam merupakan penyakit, bisa jadi demam terjadi karena tubuh sedang melawan bakteri atau virus di dalam tubuh.

Demam sendiri merupakan kondisi dimana suhu tubuh melewati batas normal. Anak akan mengalami demam jika suhu tubuh diatas 37.5 derajat celcius.

Sebagai pertolongan pertama saat anak demam, bunda bisa memberikan berbagai obat penurun panas, namun alangkah baiknya jika memberikan obat-obat alami daripada obat berbahan kimia. Obat tradisional akan lebih aman karena tidak memiliki efek samping pada tubuh anak.

Obat-obatan tradisional ini ternyata banyak terdapat di dapur bunda lho. Apa aja sih obat tradisional penurun demam anak.

Obat Tradisional Penurun Demam Anak

Obat tradisional bisa bunda beri ke anak sebagai alternatif dan pencegahan saat anak mengalami demam, agar panas anak menurun dan tidak menyebabkan kejang demam.

Berikut ini beberapa obat tradisional untuk menurunkan panas anak.

Jahe

Bumbu dapur ini selain bisa mengobati batuk dan pilek, juga bisa menurunkan demam anak lho bund. Bunda bisa membuatkan rebusan jahe dan diberi sedikit madu sebagai obat tradisional penurun panas anak.

Kunyit

Kunyit memiliki zat kurkumin yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan antivirus sehingga bisa menurunkan demam.

Bunda bisa membuatkan perasan kunyit dan dicampur dengan jeruk nipis dan madu sebagai penambah rasa manis agar si kecil mau meminumnya.

Selain untuk diminum, bunda bisa menggunakan ampas kunyit yang sudah di peras untuk mengkompress si kecil.

Bawang Merah

Bawang merah sudah digunakan sejak dahulu untuk mengobati demam. Cara pembuatannya sendiri pun sangat mudah lho bund. Bunda misa memarut atau menumbuk bawang merah kemudian beri sedikit minyak kelapa, lalu oleskan pada tubuh anak.

Pegagan

Pegagan merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan yang berada Pegagan berfungsi untuk menurunkan panas dan merevitaslisasi tubuh serta memperkuat jaringan tubuh.

Caranya dengan merebus tanaman ini lalu beri kepada si kecil untuk meminumnya.

Air Kelapa Muda

Meski belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa muda untuk penurun demam, namun banyakmasyarakat yang percaya dengan khasiatnya sebagai penurun panas secara tradisional.

Itulah beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan demam pada anak. Jika anak mengalami demam yang berkelanjutan bunda wajib membawanya ke dokter terdekat ya bund.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Tanda Dan Gejala Kekurangan Vitamin Pada Anak