in

Mengobati Anak Demam Dengan Cepat Dan Efektif

Mengobati demam anak

Mypoly.id – Demam sering terjadi pada anak. Pada anak yang sehat, demam bukanlah masalah yang serius, itu pertanda bahwa tubuh sedang berusaha keras melawan virus yang mengganggu tubuh.

Tidak semua demam harus diobati di dokter, kadang bunda bisa mengobati demam pada anak di rumah aja lho bund. Namun , demam tinggi yang menyebabkan anak dehidrasi beratlah lah harus bunda perhatikan.

Saat demam berat ini terjadi, bunda wajib memebawa si kecil ke dokter. Tetapi jika demam tidak terlalu tinggi, bunda bisa mengobatinya dengan cara berikut.

Mengobati Demam Anak Dengan Cepat

Kompres Dengan Air Hangat

Ini adalah cara yang paling sering dilakukan orang tua untuk menurunkan demam anak, dan sudah dipraktekkan secara turun temurun.

Sebenarnya ini adalah cara untuk menurunkan demam anak sementara sebelum dibawa ke dokter. Beberapa bisa berhasil, namun beberapa anak tidak berhasil sama sekali. kadang anak malah merasa tidak nyaman dengan kompres di dahinya. Namun cara ini bisa bunda lakukan sebagai upaya menurunkan demam anak sementara.

Mandi Air Hangat

Walaupun sedang demam anak harus tetap mandi ya bund, atau setidaknya di lap dengan air hangat.

Mandi dengan air hangat akan membuat suhu tubuh anak sedikit menuru selama 30 sampai 45 menit.

Sebaliknya jika anak mandi dengan air dingin, tubuh anak akan semakin naik untuk mentolerir kedinginan pada kulit anak.

Membantu Panas Tubuh Anak Cepat Keluar

Membantu mengeluarkan panas tubuh anak bisa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan pakaian yang menyelimuti tubuh anak secara keseluruhan. Tidak harus dengan pakaian yang tebal, cukup yang tipis saja, pakaian yang terlalu tebal justru membuat panas tubuh anak susah keluar.

Selain itu bairkan si kecil untuk beristirahat dengan cukup. Atur suhu kamar agar anak tidak terlalu kepanasan atau kedinginan ya bund.

Minum Air Yang Banyak

Minum air yang banyak bukan berarti langsung minum banyak air sekali tenggak ya bund, tapi lebih sering minum dari biasanya.

Cara ini bisa membantu tubuh anak lebih cepat mengeluarkan panas. Selain itu ini bisa mencegah si kecil mengalami dehidrasi.

Selain air putih, kamu juga bisa memberinya sup, es krim, atau lain-lain. Es krim dan minuman dingin lain bisa membantu menurunkan suhu tubuh anak dari dalam lho bund.

Sebaiknya jangan memberi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, atau teh, ataupun minuman bersoda. Minuman ini bisa membuat anak sering buang air.

Makan Yang Banyak

Selama demam, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Itulah kenapa makan yang banyak pada saat demam bisa mempercepat penurunan demam pada anak.

Biarkan si kecil makan apapun yang dia suka, agar si kecil punya selera untuk makan. Karena biasanya saat demam nafsu makan akan akan berkurang.

Minum Teh Herbal

Minum teh herbal seperti teh jahe dipercaya bisa mengatasi demam lho bund, tak hanya untuk anak saja, namun bisa juga untuk orang dewasa saat demam.

Minuman ini bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat. Saat keringat banyak keluar inilah yang bisa menurunkan demam.

Itulah 6 cara menurunkan demam anak dengan cepat. Cara-cara sederhana ini bisa bunda lakukan dirumah. Jika demam anak semakin tinggi, bunda tetap harus membawanya ke dokter terdekat ya bund.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

    One Ping

    1. Pingback:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Loading…

    0
    Mengatasi perut kembung apda anak

    10 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Anak

    Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

    Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi