in

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui, Apakah Aman Dikonsumsi?

Mypoly.id – Kunyit atau yang dikenal dengan “Golden Spice“, atau “Indian Saffron“, adalah tanaman asli yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman ini bersifat obat dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional.

Bumbu dapur yang satu ini mengandung bioaktif yang disebut Curcuminoids, di mana Curcumin adalah senyawa yang paling penting untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

Secara turun-temurun, kunyit digunakan sebagai ramuan obat tradisional. Dan tak hanya itu, kunyit juga dipercaya membantu pemulihan pascapersalinan.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah aman kunyit dikonsumsi selama masa menyusui?

Berikut ini kita bahas manfaat kunyit dan apakah aman atau tidak dikonsumsi selama masa menyusui.

Apakah aman mengkonsumsi kunyit saat menyusui?

Dikutip dari Momjunction, Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat menyatakan bahwa kunyit masuk kedalam kategori GRAS, atau Generally Recognized As Safe. Yang artinya, aman dikonsumsi sebagai bahan makanan.

Dalam beberapa kepercayaan, kunyit juga dipercaya bisa menambah produksi ASI, atau disebut juga dengan Galactagogue. Namun, belum ada pengujian secara ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Perlu di ingat, tidak ada data yang menunjukkan batas asupan kunyit yang aman saat menyusui. Karena itu, baik untuk mengkonsumsi kunyit hanya sebagai bahan penyedap dalam makanan.

Jika bunda ingin mengkonsumsi kunyit atau suplemen yang mengandung kunyit sebagai Galactagogue, bunda bisa berkonsultasi dengan spesialis laktasi.

Nilai gizi pada kunyit

Kunyit mengandung Mikronutrien Vital dan senyawa bioaktif seperti Kurkumin yang penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Sangat baik menambahkan kunyit dalam jumlah yang terkontrol dalam diet harian bunda.

Tabel berikut berisi perkiraan komposisi satu sendok makan, atau satu porsi bubuk kunyit, dan jumlah yang direkomendasikan dari masing-masing nutrisi per hari (RDA).

NAMAJUMLAHRDA
Fiber, total dietary 2.13g
Calcium, Ca 15.8mg 1,300mg
Iron, Fe 5.17mg 10mg
Magnesium, Mg 19.6mg 360mg
Phosphorus, P 28.1mg 1,250mg
Potassium, K 196mg 2,500mg (AI)
Sodium, Na 2.54mg 1,500mg (AI)
Manganese, Mn 1.86mg 2.6mg (AI)
Folate, total 1.88µg 500μg
Choline, total 4.62mg 550mg (AI)

AI = Adequate Intake (AI) adalah tingkat asupan harian rata-rata yang direkomendasikan bagi orang yang sehat. Ini digunakan ketika RDA tidak bisa ditentukan).

Sumber: U.S. Department of Agriculture dan Oregon State University.

Selain nutrisi di atas, kunyit juga dipercaya sebagai sumber asam lemak omega-3, asam linolenat, dan senyawa bioaktif tertentu.

Semua senyawa ini membuat kunyit bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan yang harus dicoba.

Manfaat kunyit untuk ibu menyusui

Ada beberapa manfaat kunyit untuk ibu menyusui, namun perlu diingat, tidak semuanya didukung oleh penelitian secara ilmiah ya bund.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit yang sudah didukung oleh bukti ilmiah.

Menambah imunitas tubuh

Kurkumin yang ada pada kunyit adalah senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi ringan.

Berbagai penelitian menunjukan bahwa Curcumin memiliki sifat Imunomodulator, Anti-proliferatif, dan Antimikroba yang bisa mendukung pengobatan kronis dan infeksi ringan.

Kunyit juga mengandung nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Studi menunjukkan bahwa curcumin memiliki sifat farmakologis yang terbukti bermanfaat dalam mengobati berbagai gangguan pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan umum yang dihadapi ibu pasca persalinan adalah sembelit, perut kembung, dan refluks lambung.

Semua masalah pencernaan ini, kunyit telah membuktikan keefektifannya dalam menangani gangguan kesehatan ini.

Bahkan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kunyit berpotensi melindungi sistem GI melalui efek anti-inflamasinya.

Menjaga kesehatan mental

Depresi pascapersalinan bisa saja terjadi karena faktor mental dan fisik. Menurut penelitian di bidang Psychoneuroimmunology (PNI) mengungkapkan bahwa depresi berhubungan dengan peradangan.

Untuk itu, PNI menyarankan penggunaan produk anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk meningkatkan suasana hati dan membantu mengatassi depresi pasca persalinan.

Curcumin yang ada pada kunyit juga membantu meningkatkan DHA di otak dan membantu mengurangi kecemasan.

Mengatasi peradangan

Beberapa bunda mengalami nyeri sendi dan punggung setelah kehamilan. Salah satu alasannya adalah adanya peradangan dan yang paling umum dikenal sebagai radang sendi.

Curcumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meredakan gejala dari nyeri sendi dan punggung.

Efek antioksidan

Curcumin juga terkenal dengan antioksidannya yang tinggi, yang sebanding dengan vitamin C dan lebih dari sepuluh kali lebih tinggi daripada kandungan antioksidan pada vitamin E.

Senyawa antioksidan yang kuat ini bisa membantu mengurangi efek kerusakan oksidatif pada tubuh.

Mengatur kadar kolesterol dalam tubuh

Kadar kolesterol dan Trigliserida akan meningkat selama kehamilan, karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dan produksi hormon.

Namun masalahnya, terkadang kadar kolesterol tidak kembali normal setelah melahirkan, ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Kunyit sering dianggap sebagai obat alami untuk mengatur kadar kolesterol. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat membantu mengurangi sintesis Kolesterol dan Trigliserida.

Manfaat umum lainnya

Kurkuminoid dalam kunyit memiliki senyawa antioksidan, analgesik, antiinflamasi, antiseptik, antikarsinogenik, chemopreventive, antivirus, antibakteri, antijamur, dan antiplatelet.

Dengan demikian, asupan kunyit setiap hari dengan diet teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Dari penjelasan diatas, kita ketahui manfaat kunyit sangat banyak sekali, dan sangat disarankan mengkonsumsi kunyit baik dalam bentuk penyedap makanan, ekstrak kunyit, maupun bubuk.

Namun, sekali lagi, perlu diingat bunda harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi kunyit dalam jumlah banyak.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Apakah Aman, Menggunakan Asam Salisilat Saat Menyusui?

Apakah Aman Konsumsi Antibiotik Untuk Ibu Menyusui?