in

Cara Mencegah dan Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil

Mengatasi kram Kaki Pada Ibu Hamil
Image Source - Shutterstock

Mypoly.id – Kram kaki merupakan salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Namun, jangan khawatir bund, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Meskipun tidak berbahaya, tetapi kram kami menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas harian bunda.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi kram kaki pada ibu hamil ini? Dikutip dari Alodokter, berikut ini beberapa langkah-langkahnya.

Cara mengatasi kram kaki

Kram kaki bisa disebabkan oleh banyak hal, biasanya terjadi karena adanya peningkatan hormon yang mengakibatkan penumpukan cairan tubuh.

Karena pengaruh gravitasi, cairan tubuk ini terkumpul pada bagian kaki, sehingga kaki mengalami bengkak dan bunda hamil rentan mengalami kram.

Selain itu, kram kaki pada ibu hamil bisa terjadi karena bertambahnya berat badan.

Berikut ini beberapa langkkah untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil.

Lakukan peregangan

Lakukan peregangan dengan meluruskan kaki secara perlahan. Mungkin rasanya sangat tidak nyaman, tetapi kram yang bunda rasakan akan semakin berkurang.

Selain itu, bunda juga bisa mengangkat kaki sekitar 15-20 menit untuk melancarkan peredaran darah.

Hindari memutar pergelangan kaki kedalam dan keluar ya bund, karena ini akan membuat kram semakin parah.

Pijat kaki

Meskiput rasanya kurang nyaman, memijat kaki secara perlahan bisa membantu mengatasi kram.

Agar lebih terasa rileks, bunda bisa menggunakan campuran minyak esensial seperti Chamomile dan Lavender.

Kompres kaki dengan air hangat

Car alain utntuk mengurangi kram adalah dengan mmengkompres kaki dengan botol berisi air hangat atau dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Cara mencegah kram kaki

Kram kaki pada ibu hamil bisa dicegah dengan beberapa langkah berikut.

  • Konsumsi air putih minimal 1,5 litar per hari
  • Mandi air hangat sebelum tidur untuk mengurangoo ketegangan otot
  • Gunakan sepatu sesuai ukuran
  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama
  • Jaga berat badan, berat badan yang berlebih bisa menyebabkan sering terkena kram kaki
  • Konsumsi vitamin prenatal yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium. Namun konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya bund
  • Rajin berolrahraga, untu ibu hamil bunda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki.

Kram kaki bukanlah masalah yang berbahaya dan umumnya akan reda dengan sendiri bebeara saat setelah kram terjadi.

Namun jika muncul gejala lain seperti muncul bercak merah pada kaki dan terasa hangat saat disentuh, atau bunda mengalami susah tidur, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya bund.

Referensi

Bumil, Cara Ini Dapat Membantu Mengatasi dan Mencegah Kram Kaki“, Alodokter, diakses pada 23 maret 2020

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Resep Makanan Rumahan Sehat Untuk Ibu Hamil, Salmon Panggang dan Puding Tahu

Manfaat Probiotik Untuk Ibu Menyusui

10 Manfaat Probiotik Untuk Ibu Menyusui