Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi

Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi - Saat si kecil memasuki usai dua tahun banyak bunda yang biasanya galau, mau pilih alternatif ASI mana yang baik.

Di pasaran banyak banget merk susu, tapi secara general ada 3 jenis susu yang bisa bunda beri ke anak, yaitu susu formula, susu UHT, dan susu Pasteurisasi.

Nah loh, yang mana nih yang bagus untuk si kecil? Yuk disimak, apa aja sih perbedaan tiga jenis susu ini.

Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi

Susu Formula

Susu formula dibuat dengan cara sterilisasi pada suhu yang tinggi, sekitar 180 derajat celcius, untuk membunuh mikroorganisme dalam susu. Proses sterilisasi dilakukan setidaknya selama dua jam, agar mikroorganisme seperti bakteri yang berbahaya hilang dari susu.

Baca Juga

Untuk proses perubahan dari cair ke bubuk dilakukan pproses pengeringan. proses pengeringan ini mempengaruhi kandungan gizi pada susu, sehingga pada prosesnya ditambahkan vitamin, mineral, dan zat gisi lain sebagai pengganti nutrisi yang hilang selama proses produksi.

Kaos Couple Terbaru

Biasanya susu formula dikemas dalam bentuk kalengan atau plastik dan bisa bertahan bertahun-tahun selama kemasan belum dibuka.

Susu UHT (Ultra High Temperature)

Susu UHT dipanaskan dengan suhu 135 hingga 150 derajat celcius untuk menghilangkan bakteri berbahaya dari susu.

Namun yang membedakan susu UHT dan Susu Formula adalah lama proses sterilisasinya. Susu UHT disterilisasi selama kurang lebih 2 hingga 5 detik saja. Ini bertujuan agar aroma, rasa, dan warnanya mirip susu asli.

Susu UHT bisa bertahan hingga hingga 10 hari jika bungkus belum dibuka, jika sudah dibuka hanya bertahan sekitar 3-4 hari saja.

Susu Pasteurisasi

Berbeda dengan susu UHT dan Susu Formula, susu Pasteurisasi di sterilisasi pada suhu 72 derajat celcius selama 15 detik.

Proses ini akan membunuh bakteri jahat, virus dan jamur yang berbahaya, tetapi tidak membunuh semua mikroorganisme.

Kandungan gizinya jauh lebih lengkap jika dibandingkan susu UHT dan Susu Formula. Susu Pasteurisasicenderung mirip dengan susu segar.

Susu ini harus disimpan didalam lemari es. Jika bungkus belum dibuka, susu Pasteurisasi akan bertahan selama 40 hari, namun jika sudah dibuka hanya bertahan 4 hari saja.

Mana yang bagus untuk anak?

Susu formula biasanya disediakan untuk anak di berbagai usia, mulai dari 0 hingga besar. Sementara susu UHT dan Pasteurisasi biasanya untuk anak 2 tahun sebagai bentuk dukungan pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun.

Sebelum memberikan alternatif ASI pada anak sebaiknya berkonsultasi pada dokter ahli ya bund.

Beri Komentar

Komentar akan dimoderasi oleh admin sebelum dipublikasikan

Bergaransi

Barang yang kamu terima tidak sesuai? Tukar aja! GRATIS!

Kualitas terjamin

Menggunakan bahan berkualitas untuk menjamin kepuasan customer

Gratis Ongkir

Gratis Ongkir seluruh Indonesia

Tidak Puas?

Mypoly.ID memberi jaminan refund 100% (termasuk ongkir) jika kamu tidak puas