Mitos Dan Fakta ASI Yang Harus Bunda Ketahui

Mitos Dan Fakta ASI Yang Harus Bunda Ketahui - Mitos adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat. terlebih jika kita tinggal di daerah, mitos sangat dipercaya. Salah satunya adalah mitos-mitos tentang ibu menyusui dan ASI.

Dikutip dari Motherandbaby, dr. Herbowo A.F. Soetomenggolo, Sp.A. dari RSIA Hermina Jatinegara, Jakarta, akan membantu bunda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan ibu baru.

Apakah ukuran payudara mempengaruhi banyak/sedikitnya ASI yang diproduksi?

Tidak, jumlah ASI yang diproduksi dan kualiytas ASI tidak dipengaruhi besarnya payudara. Melainkan dipengaruhi oleh saluran dan kelenjar susu pada payudara.

Kaos Keluarga Unik

Benarkah daun katuk bisa meningkatkan produksi ASI?

Daun katuk memang baik untuk ibu menyusui, namun untuk memperbanyak ASI tidak harus dengan daun katuk. ASI akan lebih banyak keluar jika bunda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Selain itu faktor psikologis juga mempengaruhi kuallitas ASI lho bund.

Bolehkah ibu hamil tetap menyusui?

Jika bayi berusia 0-12 bulan, bunda yang sedang hamil tetap boleh menyusui karena ASI adalah nnutrisi terbaik untuk si kecil. Namun akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat.

Apakah rasa sakit pada puting saat menyusui itu normal?

Rasa sakit saat menyusui biasanya terjadi karena perlekatan yang tidak tepat. Bunda bisa meminimalisir rasa sakit pada puting saat menyuui dengan mencari posisi serileks mungkin saat menyusui.

Adakah batas waktu menyusui untuk setiap payudara?

Sebaiknya susui bayi selama yang dia inginkan. Jika dia merasa cukup, dia akan melepaskan sendiri mulutnya dari puting. Umumnya menyusui berlangsung sekitar 10-30 menit, namun ada juga yang mengatakan sekitar 15-30 menit. Jika kurang dari 5 menit, kemungkinan ada massalah. Bunda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Apa yang harus dilakukan jika ASI hanya keluar sedikit dalam 3-4 hari pertama?

Pasca melahirkan banyak ibu-ibu yangg hanya mengeluarkan sedikit asi pada 3-4 hari pertama. Bunda tidak perlu khawatir karena jumlah tersebut masih cukup untuk si kecil. Selain itu si kecil juga masih punya cadangan nutrisi yang dia dapatkan selama berada dalam kandungan kok bund.

Benarkah ASI yang keluar dengan dipompa lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang dihisap langsung?

ASI yang diisap langsung akan lebih banyak keluar dibandingkan yang dipompa. Sebaiknya pompa ASI dalam keadaan darurat saja, misalnya untuk mengosongkan ASI setelah bayi kenyang agar bunda bisa menyimpan stok ASI.

Apakah ibu yang merokok boleh menyusui?

Alangkah baiknya selama dalam masa menyusui bunda tidak merokok. Racun yang ada dalam rokok bisa mengkontaminasi si kecil.

Nah itulah beberapa pertanyaan terkait mitos ASI dan menyusui yang biasa ditanyakan ibu baru.

Beri Komentar

Komentar akan dimoderasi oleh admin sebelum dipublikasikan

Bergaransi

Barang yang kamu terima tidak sesuai? Tukar aja! GRATIS!

Kualitas terjamin

Menggunakan bahan berkualitas untuk menjamin kepuasan customer

Gratis Ongkir

Gratis Ongkir seluruh Indonesia

Tidak Puas?

Mypoly.ID memberi jaminan refund 100% (termasuk ongkir) jika kamu tidak puas