Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 1 Tahun

Mypoly.id - Perut kembung pada anak usia 1 tahun menjadi masalah yang paling sering dialami anak. Sebagai seorang ibu, pasti akan cemas saat kesehatan terganggu. Tapi ingat ya bund, jangan panik dulu. Alangkah baiknya jika kita langsung memberikannya pertolongan pertama jika si kecil mengalami gangguan kesehatan.

Ada banyak sekali penyebab perut kembung, mulai dari posisi menyusui yang salah, hingga makanan yang dikonsumsi anak. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat anak mengalami perut kembung? Berikut ini Tips Mengatasi Perut Kembung Pada anak 1 Tahun.

Tips mengatasi perut kembung pada anak 1 tahun

Memijat punggung dengan bawang merah dan minyak.

Saat anak mulai rewel dan mengeluh terkait perutnya sedang tidak enak atau kembung, bunda bisa memijat punggungnya dengan bawang merah.

Bisa dengan bawang merh yang dihaluskan lalu dicampur dengan minyak telon, atau dengan bawang merah yang dipotong menjadi dua bagian lalu menggosokkannya di punggung anak.

Buat Kaos Couple

Selain itu bunda juga bisa menggunakan bawang merah untuk memijat halus perut anak, agar anak menjadi lebih rileks dan sembuh dari perut kembungnya. Baca Juga Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon

Sama seperti metode dengan bawang merah, bunda juga bisa mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut anak.

Sambil dipijat halus agar udara yang terperangkap dalam perut anak bisa keluar. Jangan lupa untuk mengajak si kecil beristirahat yang cukup agar tidak cepat sembuh.

Membuatnya bersendawa

Tak hanya untuk orang dewasa saja, bersendawa pada anak juga akan membuatnya lega. Ada cara khusus untuk membuat anak bersendawa lho bund. Caranya, gendong anak pada posisi tengkurap, lalu tepuk perlahan punggungnya, hingga anak sendawa.

Selain bisa membuat anak bersendawa, cara ini juga bisa dilakukan setelah anak menyusu agar tidak gumoh atau muntah.

Cek susu anak

Jika bunda memberinya susu formula, sebaiknya cek juga susunya. Bisa saja susu yang bunda berikan tidak cocok dengan anak.

Susu yang tidak cocok pada anak tak hanya akan membuat perut anak kembung, tetapi bisa juga menyebabkan diare pada anak. Jadi, pastikan bunda memberikan susu yang cocok pada si kecil. Baca Juga Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, Dan Susu Pasteurisasi

Itulah beberapa tips mengatasi perut kembung pada anak 1 tahun. Untuk cara lain bunda bisa cek artikel kami sebelumnya di Cara Alami Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, semoga bermanfaat.

Beri Komentar

Komentar akan dimoderasi oleh admin sebelum dipublikasikan

Bergaransi

Barang yang kamu terima tidak sesuai? Tukar aja! GRATIS!

Kualitas terjamin

Menggunakan bahan berkualitas untuk menjamin kepuasan customer

Gratis Ongkir

Gratis Ongkir seluruh Indonesia

Tidak Puas?

Mypoly.ID memberi jaminan refund 100% (termasuk ongkir) jika kamu tidak puas