in

Apakah Aman, Menggunakan Asam Salisilat Saat Menyusui?

Mypoly.id – Bunda mengalami radang pada kulit setelah melahirkan? Atau bunda mau mengobati radang kulit atau jerawat? Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan Asam Salisilat.

Sleain untuk mengobati radang kulit, Asam Salisilat memiliki manfaat kesehatan lain lho. Namun yang jadi pertanyaan adalah, apakah aman dipakai saat bunda dalam masa menyusui?

Dikutip dari Momjunction, berikut ini beberapa manfaat Asam Salisilat untuk ibu hamil.

Apa itu Asam Salisilat?

Asam Salisilat merupakan asam organik tidak berwarna yang masuk dalam kelas Asam Hidroksi beta. Asam ini mirip dengan Asam Asetilsalisilat, senyawa yang bisa ditemukan dalam Aspirin.

Banyak orang menggunakan Asam Salisilat untuk mengobati peradangan kulit, jerawat, dan berbagai masalah kulit lainnya, karena asam ini terbukti efektif untuk meminimalkan peradangan dan kemerahan pada kulit.

Manfaat kesehatan Asam Salisilat saat menyusui

Berikut ini beberapa manfaat Asam Salisilat untuk ibu menyusui.

Mengurangi rasa nyeri

Bahan-bahan seperti aspirin membuat asam salisilat analgesik yang efektif. Banyak makanan memiliki kandungan asam salisilat dan membantu menghilangkan rasa sakit.

Para ahli merekomendasikan agar bunda mengonsumsi ekstrak tumbuhan alami yang kaya asam salisilat sebagai obat yang efektif untuk menyembuhkan rasa sakit.

Mengobati jerawat

Asam salisilat adalah obat yang sangat efektif untuk mengobati jerawat setelah melahirkan. Asam membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Beberapa lotion kulit, gel, dan pembersih mengandung asam salisilat 0,5% hingga 2%. Bunda bisa menggunakan gel pada kulit yang terkena peradangan menyusui. Pastikan Bunda tidak menggunakannya dalam jumlah berlebihan.

Menyembuhkan kutil

Kutil pada kulit mungkin tidak terlalu mengganggu namun jika berada di kulit terbuka akan membuat bunda minder atau gak nyaman dilihat.

Asam salisilat efektif menyembuhkan kutil. Gel yang mengandung asam ini membantu menyembuhkan kutil berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Ini dikarenakan asam adalah obat keratolitik, ia dengan mudah melarutkan keratin yang membentuk kulit mati yang tebal di bagian atas kutil dan bagian dalamnya.

Menghilangkan kapalan

Kapalan adalah kulit mati tebal yang ada di bawah telapak tangan dan telapak kaki ibu menyusui. Sifat keratolitik asam salisilat melarutkan lapisan tebal yang menutupinya.

Asam ini aman digunakan saat sedang menyusui. Bunda bisa menggunakan obat tetes, aplikator, pembalut, dan plester yang mengandung asam salisilat.

Mengatasi ketombe

Ketombe bisa menyebabkan iritasi pada ibu yang menyusui, karena membuat kulit kepala menjadi kering sehingga menimbulkan serpihan yang mengganggu.

Asam salisilat melembutkan kulit dan mencegah pembentukan serpihan. Bunda bisa menggunakan sampo untuk mengobati ketombe yang mengandung asam salisilat 1,8% hingga 2%.

Gosok sampo pada kulit kepala, biarkan meresap selama beberapa menit, kemudian cuci kepala sampai bersih.

Apakah Asam Salisilat aman dipakai saat menyusui?

Asam salisilat dengan dosis tinggi dapat berbahaya bagi bayi baru lahir, karena bisa masuk ke dalam ASI. Hindari konsumsi makanan atau produk oral yang mengandung asam.

Penggunaan Asam Salisilat untuk menyembuhkan radang kulit dan masalah kesehatan kulit lainnya bisa dibilang aman saat sedang menyusui, asalkan bunda menggunakannya dalam jumlah yang sedikit. Mungkin sekali atau dua kali sehari saat mengoleskannya.

sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter profesional sebelum menggunakan asam salisilat saat menyusui.

Dokter akan merekomendasikan perawatan alternatif untuk penyakit kulit yang bunda alami dan memastikansi kecil tersayang tidak mengalami bahaya.

Apakah bunda pernah menggunakan produk yang mengandung asam salisilat selama menyusui? Bagikan pengalaman bunda? Yuk share di kolom komentar.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

6 Masalah Pencernaan Yang Sering Dialami Bayi

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui, Apakah Aman Dikonsumsi?