in ,

Anak Tanya Tentang Virus Corona? Ini Cara Menjelaskannya

Mypoly.id – Minggu lalu, Presiden Joko Widowo mengumumkan bahwa Indonesia termasuk yang mengkonfirmasi kasus positif Corona. Informasi mengenai wabah ini pun berseliweran, dan mungkins ampai di telinga anak-anak.

Di social media pun berseliweran semua pembahasan tentang Coronda. Tapi tak semuanya benar atau terbukti, dan jika anak tidak pandai memilah mana yang benar, anak-anak malah kebingungan atau panik.

Sebagai orang tua, kita harus menjelaskan dan memberikan pengetahuan tentang virus ini kepada anak. Berikut ini beberapa cara menjelaskan virus Corona pada anak.

Ajak berdiskusi

Ajaklah anak berdiskusi, minta kepadanya untuk menjelaskan apa saja yang dia ketahui tentang virus ini.

Pertama, kita harus menjadi pendengar yang baik. Dengarkan semua yang anak ketahui tentang Corona.

Selanjutnya, lakukan koreksi dari apa yang telah disampaikan anak jika ada info yang salah.

Dikutip dari Pop Sugar, Ahli kesehatan mental anak, Psikolog Roseann Capanna-Hodge, berpendapat “Anak-anak dibombardir dengan banyak informasi, dan semua yang mereka dengar mungkin tidak akurat. Sangat penting bagi orang tua untuk berdialog dengan anak mereka tentang fakta-fakta virus corona, sehingga mereka tidak percaya pada informasi yang tidak akurat, yang dapat menambah kekhawatiran mereka.”

Tenangkan anak

Anak-anak biasanya fokus pada cerita yang menakutkan seperti kematian dan keganasan virus ini.

Kita harus menjelaskan kepada anak dengan tentang agar tak perlu khawatir atau panik, karena virus Corona ini bisa dicegah dan disembuhkan.

Kita juga harus memastikan bahwa anak tetap aman selama mengikuti arahan dan kita akan selalu melindungi mereka.

Ajari cara pencegahan Corona

Sebenarnya ini tak hanya berlaku untuk virus Corona saja, tetapi untuk semua jenis penyakit. Karena jika kita menerapkan gaya hidup sehat, kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Ajarkan pada anak untuk melakukan gaya hidup sehat. Misalnya seperti makan makanan bernutrisi tinggi, istirahat yang cukup, dan selalu menjaga kebersihan sekecil apapun.

Ajak anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum atau setelah makan, setelah bermain,s esaat setelah masuk rumah, dan setelah memegang benda atau hewan peliharaan.

Kita juga bisa mengajarinya untuk tidak memegang wajah dengan tangan kotor, atau tidak memasukkan benda kotor kedalam mulut atau hidung.

Itulah beberapa cara menjelaskan Corona kepada anak. Sangat penting untuk menjaga kesehatan anak. Tak hanya untuk menghindari virus Corona, tapi juga untuk menghindarkan anak dari berbagai gangguan kesehatan.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Risiko Anak Terkena Virus Corona Sangat Kecil, Tak Perlu Panik

5 Minuman Rendah Kafein Ini Aman Dikonsumsi Saat Hamil