in ,

9 Manfaat Kencur Untuk Bayi

Manfaat kencur untuk bayi

Mypoly.id – Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional berbagai penyakit.

Bahkan kencur juga digunakan untuk bahan baku berbagai obat yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit, tak hanya bagi orang dewasa melainkan juga bai anak.

Lalu, apa aja sih manfaat kencur untuk buah hati kita yang masih bayi?

Inilah 9 Manfaat Kencur Untuk Bayi

Bumbu dapur yang sudah terkenal khasiatnya ini memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya untuk orang dewasa, kencur juga sangat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit pada bayi lho bun. berikut ini beberapa manfaat kencur untuk bayi.

Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada bayi yang masih belum sempurna membuat bayi rentan terhadap serangan berbagai penyakit, virus, dan bakteri.

Untuk itu bunda perlu memberikan perasan kencur yang memiliki berbagai zat pendukung untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Bunda bisa mencampurkan perasan kencur ke dalam susu atau makanan bayi secara rutin untuk membantu si kecil meningkatkan sistem kekebalan utbuhnya.

Mencegah Berbagai Penyakit

Selain memperbaiki sistem kekebalan tubuh, kencur juga bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus batuk, flu, hingga pneumonia.

Kencur juga mencegah gangguan pada sistem pencernaan seperti diare dan muntah yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Selain itu, ruam dan gatal pada kulit juga bisa disembuhkan dengan kencur lho.

Menghangatkan Tubuh

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh bayi. Bahkan, khasiatnya tak kalah dengan minyak telon bayi.

Bunda bisa menumbuk kencur hingga halus lalu peras hingga mengeluarkan ekstraknya. Cairan inilah yang kemudian dibalurkan pada tubuh bayi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Mencegah Masuk Angin

Dengan terjaganya suhu tubuh bayi, bayi akan terhindar dari masuk angin. Saat bayi mengalami masuk angin biasanya akan muncul beberapa gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, perut kembung, dan sering buang angin.

Dengan meminum dan mengoleskan ekstrak kencur pada tubuh bayi akan selalu menjaga suhu tubuh bayi, sehingga terhindar dari masuk angin.

Meningkatkan Nafsu Makan

Saat bayi sudah memasuki fase MPASI, bunda akan mengalami kondisi dimana anak susah makan. Nah disinilah kencur berperan sebagai penambah nafsu makan alami.

Bunda bisa memberikan ekstrak kencur dengan mencampurkan kedalam susu anak, atau dengan memberinya campuran madu agar anak mau meminumnya.

Sebagai Obat Batuk

Saat si kecil batuk, dia akan mengalami kesusahan bernapas dan sulit tidur karena berdahak atau tenggorokkan gatal. Selain itu, anak bisa kehilangan nafsu makan sehingga berdampak pada kurangnya asupan nutrisi anak.

Bunda bisa memberikan perasan air kencur dan capuran ekstrak jahe kepada si kecil untuk mengatasi batuk. Jangan lupa tambahkan sedikit madu ya bund agar sikecil mau minum obat tradisional ini.

Mengatasi Rasa Lelah

Anak yang sudah semakin aktif bergerak, bermain, dan berlarian kesana kemari biasanya akan mengalami susah tidur dan rewel karena kelelahan.

Bunda bisa memijitnya dengan mengoleskan ektrak kencur pada tubuh anak agar rasa lelahnya menghilang.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit bayi biasanya sangat sensitif. Dengan mengkonsumsi ekstrak kencur setiap hari akan membuat kulit bayi tetap sehat, halus, dan tampak bersih.

Selain itu, kencur juga bisa mengurangi resiko bayi terkena berbagai penyakit kulit seperti ruam dan gatal, bintik-bintik merah, atau alergi.

Meredakan Radang Pada Telinga

Kadungan pada kencur memiliki efek analgetik saat dikonsumsi, sehingga bisa meredakan rasa nyeri akibat radang.

Caranya tetap sama kok bund, dengan mencampurkan ekstrak kencur kedalam susu atau makan si kecil.

Itulah 9 manfaat kencur untuk bayi. Bumbu dapur dengan sejuta khasiat ini sudah lama menjadi obat tradisional yang mudah dibuat.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Manfaat buah naga untuk bayi

Manfaat Buah Naga Untuk Balita Dan Efek Buruknya

Mengatasi perut kembung apda anak

10 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Anak