in

5 Makanan Bergizi Untuk Kehamilan Trimester Pertama

Mypoly.id – Masa kehamilan trimester pertama menjadi masa yang cukup sulit buat bunda. Pada masa ini tubuh sedang beradaptasi, dan berbagai perubahan drastis pun terjadi secara fisik.

Pada masa ini, pertumbuhan janin sedang rentan dan perlu dijaga secara khusus.

Untuk menjaga janin, salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Melalui makanan lah kita bisa memberikan asupan gizi kepada janin.

Lalu, makanan apa aja sih yang bagus untuk janin? Yuk disimak bunda.

Sayuran hijau dan berwarna wajib buat bunda yang lagi hamil

Setiap sayuran punya kandungan yang berbeda-beda, dan setiap sayuran memberikan asupan nutrisi yang berbeda beda.

Sebagai contoh, sayuran hijau seperti bayam akan memberikan zat besi untuk pembentukan hemoglobin.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga mengandul banyak mineral yang dibutuhkan janin selama masa perkembangan di dalam rahim.

Dengan mengkonsumsi berbagai macam sayuran akan membuat kombinasi menu masakan semakin bervariasi, jadi bunda gak bakal bosan.

Sayuran hijau juga bermanfaat untuk menyeimbangkan asupan vitamin bagi janin di dalam kandungan.

Bagi ibu hamil, sayuran diyakini bisa membantu bunda mengatasi rasa mual dan muntah saat kehamilan trimester pertama

Buah juga bisa jadi sumber gizi yang bagus

Selain memberikan vitamin, mengkonsumsi buah juga memberikan asupan glukosa. Glukosa ini sangat penting untuk ibu hamil karena bisa memberikan tenaga bagi ibu hamil.

Terutama buah pisang dan apel. Pisang kaya akan asam folat yang baik untuk perkembangan janin.

Sementara buah apel bisa memberi perlindungan antioksidan untuk mencegah serangan berbagai radikal bebas.

Jika bunda bosan, bunda bisa mengkreasikan buah-buahan tersebut menjadi berbagai menu makanan dan minuman, seperti pudingm smoothies, atau bahkan jadi cemilan dan kue.

Perlu diingat ya bund, jangan menambahkan bahan-bahan yang justru merusak kesehatan, seperti pemanis buatan.

Konsumsi makanan berprotein tinggi saat awal kehamilan

Makanan berprotein tinggi yang berasal dari makanan hewani sangat bagus saat awal kehamilan.

Makanan dengan protein hewani tinggi ini bisa berasal dari telur, daging ayam, daging sapi, ikan, dan lain-lain.

Selain itu, makanan laut seperti cumi, udang, hingga rumput laut terbukti mengandung protein dan asam omega 3 yang tinggi yang sangat bagus untuk pembentukan otak janin di awal kehamilan.

Selain mengkonsumsi daging, susu juga gak boleh dilewatkan ya bund.

Bunda bisa memilih susu yang melalui proses pengolahan higenis. Bunda juga bisa memilih susu UHT. Baca – Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi

Mau ngemil? Coba deh ngemil kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam folat, vitamin B, dan protein nabati yang tinggi seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai.

Kandungan yang bagus untuk ibu hamil ini akan memberikan energi kepada ibu hamil selama trimester pertama.

Hamil muda? Konsumsi dairy foods juga penting lho

Dairy foods atau makanan dengan kandungan susu yang memiliki kalsium sangat dibutuhkan janin. Tak hanya untuk janin, bunda juga membutuhkannya agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Kandungan kalsium yang tinggi bsia kita dapatkan dengan mengkonsumsi ssusu, yogurt, juga keju.

Jika bunda kesulitan mencerna susu, bunda bisa memilih produk susu bebas laktossa, makanan yang kauya kalsium, atau minuman seperti susu kedelai yang tinggi kalsium.

Nah itulah beberapa makanan yang bsia bunda konsumsi selama masa trimester pertama. Mengkonsumsi makanan-makanan diatas sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin bund.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Baru 8 Bulan, Anak Ruben Onsu Udah Bisa Menyelam Dalam Air

Rekomendasi Jadwal Pompa ASI Untuk Ibu Pekerja