in

11 Inspirasi Nama Anak Bernuansa Jawa ala Selebriti

Mypoly.id – Selain sansekerta dan nuansa barat, ternyata banyak juga lho public figure milenials yang memberi nama anak dengan bahasa jawa. Meskipun bernuansa lokal, namun filosofi yang digambarkan sangat dalam.

Inilah 11 inspirasi nama anak yang bernuansa Jawa yang bisa kamu berikan kepada buah hari yang sebentar lagi lahir.

Gallendra Madana Juanda, buah hati Mesty Ariotedjo

Jika dipecah satu persatu, nama Gallendra diambil dari kata “Gallen” dan “Ganendra”. “Gallen” memiliki arti tenang, sedangkan “Ganendra” adalah kosakata Jawa yang berarti pasukan dewa.

Sedangkan “Madana” memiliki arti cinta. Sedangkan “Juanda” adalah nama pasangan Mesty sendiri.

Adreena Naira Hana Hutapea, putri Olla Ramlan

Dalam Islam, “Adreena” memiliki arti kaya atau makmur, sedangkan “Naira” memiliki arti bersinar. Sedangkan “Hana” berarti rezeki. Tetapi jika diambil dari bahasa jawa “Hana” memilikia rti berada.

Sedangkan “Hutapea” sudah pasti nama marga suami Olla Ramlan.

Andi Aria Radyakaya Rian, putra Rian d’Massiv

“Andi” adalah marga keturunan raja Bugis dari pihak ibu, dan dalam bahasa Yunani memiliki arti kuat atau jantan. Sedangkan dalam bahasa kawi, “Andi” memiliki arti hamba.

“Aria ” memiliki arti baik hati. “Radyakaya” sendiri adalah penggabungan dari kata “Radya” yang berarti kerajaan, dan “Kaya” yang berarti kaya atau makmur.

Aksadaru Mahameru, putra Dominique

“Aksadaru” merupakan perpaduan dua kata, yaitu “Aksa” yang berarti anak laki-laki berwajah cerah, dan “Daru” yang memiliki arti mata jiwa. Dalam bahasa jawa, “Daru” juga memiliki arti lain, yaitu meteor.

Sedangkan “Mahameru” bermaksud untuk menggambarkan kekuatan gunung tertinggi di pulau Jawa.

Abimanyu Manggala Nugroho Putro, putra pertama Vicky Shu

Menurut Vicky Shu, nama putra pertamanya memiliki arti seorang putra yang penuh anugerah, pemimpin, sempurna, pemberani, dan pelindung keuarga.

Jika dijabarkan satu persatu, “Abimanyu” memiliki arti tidak takut kesulitan. “Manggala” memiliki arti panglima atau pemimpin. Sedangkan “Nugroho” adalah anugerah.

Satrio Daniswara Broto Asmoro, putra Dr. Reisa Broto Asmoro

Dalam bahasa Jawa, “Satrio” memiliki arti ksatria atuau prajurit. Sedangkan “Daniswara” juga bisa diartikan kaya atau mulia.

Sementara itu, “Broto Asmoro” adalaj nama ayah, jika diartikan, “Broto” memiliki arti setia, sedangkan “Asmoro” memiliki arti cinta.

Badha Banyugeni, putra Kunto Aji

“Banyugeni” adalah gabungan antara “Banyu” yang berarti air, dan “Geni” yang berarti api. Terlihat bertolak belakang ya, namun filosofinya sangat bagus mengingat kedua elemen ini merupakan elemen penting dalam hidup manusia.

Raden Ajeng Seraphina Rose Sumarnaningsih Soerjosoemarno, putri Yasmine Wildblood

“Raden Ajeng” mewakili gelar bangsawan yang dibawa putri Yasmine dari ayahnya. Jika dijawarkan, “Raden Ajeng” memiliki arti bangsawan yang cantik.

Sementara “Seraphina” adalah bahasa Ibrani yang berarti api yang menyala. Lalu, “Sumarnaningsih Soerjosoemarno” adalah nama keluarga.

Dru Prawiro Sasono, putra Dwi Sasono dan Widi Mulia

Nama putra Dwi Sasono ini merupakan kombinasi Jerman dan Jawa. “Dru” berasal dari kata Jerman “Drew” yang memiliki arti baik hati. Sementara “Prawiro” artinya, prajurit, ksatria, atau perwira.

Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, putra Dian Sastro

Nama putra Dian Sastro ini murin diambil dari bahasa Jawa Kuno, yang memiliki arti pemimpin yang memiliki pengetahuan luas.

Sedah Mirah Nasution, putri Kahiyang Ayu

Sedah mirah memiliki arti anak yang dermawan, soleh, dan menawan. kata “Mirah” sendiri berasal dari kosakata Jawa yang berarti murah. Kata ini dimaksudkan agar putrinya murah hati.

Nah, itulah 11 nama anak bernuansa Jawa dari berbagai selebriti dan public figure. Gimana menurutmu?

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Perbedaan Susu Formula, Susu UHT, dan Susu Pasteurisasi

25 Inspirasi Nama Anak Perempuan Bernuansa Jawa Yang Anggun

25 Inspirasi Nama Anak Perempuan Bernuansa Jawa Yang Anggun