in ,

10 Manfaat Probiotik Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Probiotik Untuk Ibu Menyusui
Image Source - news.okezone.com

Mypoly.id – Menyusui tak hanya untuk memberikan asupan nutrisi kepada bayi, tetapi juga membangun ikatan emosional antara bunda dan si kecil. Seperti kita ketahui, ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk anak.

Apa yang bunda konsumsi akan diteruskan ke bayi melalui ASI, jadi bunda harus menjaga pola makan dan apa yang bunnda konsumsi.

Salah satu zat yang baik untuk kesehatan adalah Probiotik. Probiotik sudah menjadi bagian penting dari makanan sehat, akan tetapi apakah probiotik aman dikonsumsi ibu menyusui?

Apa itu Probiotik

Tubuh adalah tempat bagi trilionan mikroorganisme. Jangan khawatir, mikroorganisme ini membantu kita menjaga agar tubuh tetap sehat kok.

Usus adalah tempat dimana kita bisa menemukan 400 spesies bakteri yang beragam. Bakteri inilah yang membantu agar pencernaan kita selalu sehat.

Makanan yang mengandung bahan kimia tertentu bisa menghancurkan populasi bakteri baik ini. Tenang, bunda bisa mengisi ulang bakter-bakteri ini dengan meminum probiotik.

Probiotik mengandung berbagai bakteri yang ramah untuk usus dan bisa mengubah mikroflora usus.

Manfaat Probiotik untuk ibu menyusui

Bayi dilahirkan dengan sistem kekebalan yang rapuh. Dengan ASI, bayi perlahan-lahan membangun dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Dengan menyusuinya secara eksklusif minimal 6 bulan, bunda bisa membantu kesehatannya di masa mendatang. Jika bunda mengkonsumsi Probiotik, berarit budna memberikan manfaat ekstra untuk si kecil.

Berikut ini beberapa manfaat Probiotik saat bunda mengkonsumsinya pada masa menyusui.

Bermanfaat untuk bunda

Menyusui membuat beberapa nutrisi dalam tubuh berkurang. Ini yang membuat sistem kekebalan tubuh berkurang.

Mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan Probiotk bisa membantu memperkuat kembali sistem kekebalan tubuh kita.

Ini juga bisa membantu mengatur metabolisme tubuh kuta yang fluktuatif selama masa menyusui.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi

Ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung Probiotik, bunda akan menyalurkan beberapa bakteri baik ke bayi melalui ASI.

Inilah yang bisa membantu si kecil memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Menurunkan gejala refluks

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh “The European Journal of Clinical Investigation”, bayi yang diberi probiotik Lactobacillus Reuteri menunjukkan penurunan gejala refluks dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi suplemen.

Membantu mengatasi sembelit

Probiotik membantu mengatasi masalah pencernaan si kecil, salah satunya adalah sembelit kronis.

Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam konsistensi feses dan buang air besar bayi dengan pemberian probiotik secara teratur.

Mencegah Eksim

Eksim adalah masalah umum yang bisa terjadi pada bayi baru lahir dan dibawah 1 tahun. Dengan menambahkan probiotik ke dalam menu makanan bunda, bunda dapat menjaga bayi agar tetap bebas dari eksim selama dua tahun pertama di hidupnya.

Ruam popok

Beberapa ruam popok adalah hal yang biasa, meskipun Probiotik tidak bsia menyembuhkan infeksi jamur, tetapi bisa membantu mencegah infeksi lain yang disebabkan oleh pemakaian popok dalam waktu yang lama.

Sumber probiotik seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium membantu menekan pertumbuhan ragi. Perlu di ingat bahwa probiotik harus diberikan satu atau dua jam setelah antibiotik untuk menghindari gangguan (antibiotik bisa membunuh bakteri baik dan bakteri jahat bersamaan).

Mencegah kolik

Seperti yang dilaporkan BBC, satu dari lima bayi bisa terkena kolik. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak menelan udara saat menyusui.

Meskipun, bayi cenderung tidak mengalami kolik setelah enam bulan pertama, itu bisa sangat membuat bayi tidak nyaman.

Kolik menyebabkan peradangan usus dan membutuhkan dosis bakteri baik yang cukup. Probiotik diketahui memberikan manfaat untuk melawan kolik.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Valerie Sung di Universitas Melbourne mengemukakan bahwa walaupun ada kemungkinan besar probiotik bisa mengatasi kolik pada bayi, bukti substantif probiotik secara umum membantu semua bayi mengatasi kolik masih belum ditetapkan.

Studi juga menunjukkan bahwa bayi yang menggunakan probiotik mempunyai waktu menangis rata-rata 38 menit, dibandingkan dengan bayi yang tidak di beri probiotik sebesar 71 menit.

Anak-anak yang menggunakan probiotik rata-rata muntah tiga kali sehari, sementara anak-anak yang menggunakan plasebo muntah hampir lima kali sehari. Selain itu, anak-anak yang menggunakan probiotik rata-rata mengalami empat kali buang air besar sehari dibandingkan dengan tiga setengah di antara mereka yang menggunakan plasebo.

Mengatasi sariawan

Sariawan juga lazim dialami bayi (sebagai infeksi oral) dan puting susu ibu. Meskipun kondisi muncul tanpa sebab yang diketahui, penyakit ini juga bisa berkembang setelah penggunaan antibiotik.

Sangat menyakitkan, sulit untuk dihilangkan dan bisa bertahan dalam waktu yang lama jika tidak ditangani segera. Probiotik sangat membantu mengatasi kondisi ini.

Memproduksi vitamin B

Bayi dan bunda sama-sama membutuhkan Vitamin B untuk kesehatan dan metabolisme tubuh. Kelompok vitamin ini membantu metabolisme, mencegah anemia, dan menjaga kulit dan sistem saraf agar tetap sehat.

Manfaat lainnya

Selain 9 poin diatas, masih ada beberapa manfaat Probiotik lainnya, yaitu

  • Membantu menyerap mineral
  • Membangtu menghilangkan racun
  • Membantu pencernaan dan penyerapan karbohidrat tertentu
  • Berperan sebagai anti-inflamasi
  • Mengontrol berbagai gangguan seperti Rheumatoid arthritis, Irritable Bowel Syndrome (IBS), Inflammatory bowel disease (IBD), Kanker Usus Besar, Memperkuat respon kekebalan, Sirosis hati, Ensefalopati hati, Infeksi vagina, diare, dan infeksi yang disebabkan oleh H. pylori yang terkait dengan borok.
  • Membantu mengendalikan Necrotizing Enterocolitis (NEC) pada bayi baru lahir.

Makanan yang kaya akan Probiotik

Bunda perlu menambahkan menu makanan yang kaya akan Probiotik untuk asupan sehari-hari, agar perkembangan bakteri baik untuk bunda dan si kecil semakin maksimal.

Cara mudahnya, bunda bisa membeli suplemen Probiotik yang banyak dijual di apotik. Atau lebih mudahnya lagi, bunda bisa mengkonsumsi makanan fermentasi yang kaya akan Probiotik sebagai berikut ini.

Yogurt

Yogurt sudah terbukti sebagai sumber Probiotik terbaik yang bisa bunda pilih.

Bunda bisa membuat Yogurt sendiri atau membelinya di pasaran. Jika bunda membelinya dari pasaran, pastikan memilih Yogurt yang mengandung Probiotik tambahan seperti Lactobacillus atau Acidophilus.

Kefir

Kefir terbuat daru susu kambing dan biji kefir yang difermentasi. Selain kaya akan Probiotik, kefir juga kaya akan antioksidan.

Sauerkraut

Sauerkraut atau kol parut termasuk salah satu sumber bakteri baik untuk usus. Selain itu, makanan ini juga mengandung citamin A, B, C, dan E dan bisa mengurangi gejala alergi.

Dark Chocolate

Dark Chocolate atau cokelat hitam adalah jenis coklat yang memiliki kandungan kakao lebih banyak dibanding kandungan gulanya.

Selain dikenal karena rasanya yang dominan pahit, dark chocolate memiliki manfaat untuk kesehatan yang jauh lebih baik dibanding coklat lain.

Mikroalga

Makanan yang kaya akan Probiotik juga bisa temukan di Lautan. Mikroalga seperti Spirulina dan ganggang biru-hijau bisa memberi tubuh kita probiotik dosis tinggi.

Sup Miso

Pengobatan Jepang sering menggunakan sup miso untuk mengobati beberapa gangguan pencernaan. Campuran fermentasi gandum hitam, kacang-kacangan, beras atau gandum, adalah sumber probiotik yang bagus untuk bunda.

Acar

Acar adalah sumber probiotik yang enak. Bunda bahkan bisa membuatnya di rumah

Tempe

Bunda bisa mencoba berbagai resep tempe untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari makanan yang kaya akan probiotik ini.

Kimchi

Kimchi terbuat dari kol yang difermentasi dan merupakan makanan pokok berbagai menu ala Korea. Tidak hanya probiotik, kimchi juga merupakan sumber kalsium, zat besi, dan vitamin. Jika bunda menyukai makanan pedas, kimchi sangat direkomendasikan.

Teh Kombucha

Bunda suka teh? Bagaimana dengan secangkir teh fermentasi? Minuman probiotik ini memiliki kandungan Probiotik yang tinggi.

Keju lunak

Tahukah bunda jika keju juga berperan sebagai pembawa probiotik dan bisa meningkatkan sistem kekebalan?

Tidak semua probiotik bertahan pada saat mereka mencapai perut dan usus, tetapi jenis keju fermentasi lunak, seperti Gouda, cukup kuat untuk sampai ke usus.

Susu dengan probiotik

Menambahkan susu acidophilus ke dalam menu makanan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan probiotik. Susu Acidophilus difermentasi dengan bakteri dan juga tersedia dengan rasa yang manis.

Mentega

Yogurt biasa yang diaduk dan diencerkan dengan air sehingga menghasilkan mentega. Mentega yang diperoleh dari susu yang difermentasikan dengan bakteri asam laktat membuat makanan ini sebagai salah satu sumber probiotik yang bagus.

Beberapa sumber makanan diatas bisa bunda temukan dengan mudah di pasaran.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Probiotik saat menyusui sangat bagus untuk kesehatan bunda dan si kecil.

Referensi

Probiotic May Prevent Acid Reflux, Constipation & Colic in Infants“, Healthline.com, diakses pada 23 maret 2020
Probiotics in human milk and probiotic supplementation in infant nutrition“, The British Journal of Nutrition, diakses pada 23 maret 2020
Can probiotic administration during pregnancy and the first year of life effectively reduce the risk of infections and allergic diseases in childhood?“, Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents, diakses pada 23 maret 2020

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Mengatasi kram Kaki Pada Ibu Hamil

Cara Mencegah dan Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil

Anak Sering Buang Air Kecil

Anak Sering Buang Air Kecil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya