in

10 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Anak

Mengatasi perut kembung apda anak

Mypoly.id – Anak menjadi sering rewel? Mengeluh sakit perut? Atau sering buang gas bund? Bisa jadi itu adalah pertanda anak sedang mengalami perut kembung.

Meski sangat wajar terjadi pada anak kecil, namun bisa sangat mengganggu aktivitasnya lho bund. Biasanya si kecil akan mengeluh dan lebih rewel, bahkan malas beraktivitas.

Sebelum beranjak ke Makanan untuk mengatasi perut kembung anak, ada baiknya bunda mengetahui apa aja sih penyebab perut kembung pada anak?

Penyebab Perut Kembung Pada Anak

Perut kembung pada anak bisa disebabkan oleh barbagai hal, berikut beberapa penyebabnya.

Makan Sambil Bermain

Saat anak bermain, tubuhnya akan bergerak aktif. Ini akan menygakibatkan saluran usus anak kemasukan udara lebih banyak, sehingga memicu terjadinya kembung pada anak.

Terlebih lagi jika anak makan sambil bermain atau berlarian. Alangkah baiknya mengajak anak duduk tenang saat makan dan baru boleh main setelah makan.

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi sulit dicerna oleh usus, sehingg tidak dapat diserap secara maksimal oleh usus. Apalagi pada usia yang masih kecil, proses pencernaannya belum maksimal.

Terlalu Cepat Mengunyah Makanan

Mengunyah terlalu cepat bisa membuat udara ikut tertelan dan masuk ke perut sehingga memicu perut kembung. Ajarkan anak untuk mengunyah perlahan untuk menghindari hal ini ya bund.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat Dan Lemak

Si kecil sangat membutuhkan serat dan lemak, namun sebaiknya tidakn mengkonsumsinya secara berlebihan. Berilah porsi secukupnya sesuai kebutuhan nutrisi hariannya.

Mengkonsumsi Sayuran Penyebab Gas Dengan Berlebihan

Mengkonsumsi sayur seperti kacang-kacangan dan kembang kol secara berlebihan bissa menyebabkan gas berlebih di dalam perut. Inilah yang menyebabkan perut kembung pada anak.

Sebaiknya beri dalam jumlah secukupnya aja ya bund.

Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk mengatasi konstipasi saat perut kembung. Ada baiknya kebutuhan air putih harian si kecil terpenuhi ya bund.

Mengalami Penyakit Tertentu

Selain karena penyebab eksternal, beberapa penyakit juga bisa menyebabkan perut kembung lho bund, seperti sembelit, Crohn, dan Obstruksi usus.

Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung

Untuk mengatasi perut kembung ppada anak secara alami, bunda bisa memberikan beberapa makanan berikut kepada anak

Seledri

Seledri dinilai ampuh untuk mengatasi gas yang berlebihan di saluran pencernaan, sehingga sangat cocok diberikan kepada si kecil saat dia mengalami kembung.

Tak hanya itu, seledri juga bisa membersihkan racun dan zat berbahaya bagi tubuh. Bunda bisa mencampurkan seledri ke dalam menu makanan si kecil, misalnya dengan mengkombinasikan dengan telur mata sapi atau sayuran lain.

Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang bisa membantu merangsang tumbuhnya bakteri baik yang bisa melegakan perut kembung pada anak.

Pepaya

Pepaya kaya akan serat dan zat anti peradangan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan perut kembung.

Selain itu, kandungan enzim papain akan membantu mengurai protein alam saluran pencernaan.

Pisang

Pisang mengandung kalium yang tinggi sehingga bisa membantu mencegah retensi cairan dan menetralkan kadar sodium dalam tubuh.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung serat larut yang bisa memperlancar saluran pencernaan anak.

Kunyit

Sejak jaman dulu kunyit dipercaya bisa mengobati berbagai masalah pencernaan.

Kunyit bisa mengatasi gas yang ada di perut sehingga membantu memperlancar sistem pencernaan anak.

Jahe

Jahe mengandung protease yang bernama Zingibain yang mampu mengusir gas di perut.

Selain itu, rasanya yang hangat juga mampu menenangkan dan membuat nyaman perut anak.

Timun

Zat Quercetin yang terkandung pada timun bersifat antioksidan yang bisa meredakan perut yang membengkak dan begah.

Selain itu, timun mengandung vitamin C, asam kafeat, dan silika yang bermanfaat dalam mencegah retensi cairan dalam tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih dapat merangsang pencernaan untuk membuang cairan berlebih dalam tubuh.

Lemon

Buah ini memiliki keasaman yang mirip dengan cairan asam di lambung. Oleh karena itu lemon bisa meredam perut kembung dan gangguan pencernaan lain pada anak.

Melon

Melon memiliki kandungan 90% air yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk mengurangi gejala perut kembung, melembabkan tubuh, dan membantu membuang garam yang berlebihan dalam tubuh.

Nah itulah beberapa makanan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Jika si kecil mengalami perut kembung bunda bisa memberikan beberapa buah diatas untuk meredakan perutnya.

Selain itu bunda juga bisa mengatasi perut kembung pada anak dengan cara yang alami. Baca Juga Cara Alami Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

    One Ping

    1. Pingback:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Loading…

    0
    Manfaat kencur untuk bayi

    9 Manfaat Kencur Untuk Bayi

    Mengobati demam anak

    Mengobati Anak Demam Dengan Cepat Dan Efektif